Ruang Belajar
96367032b9fe32fe

Perkuat Karakter Dan Iman Siswa Untuk Mengatasi Penyalahgunaan Narkoba

30 November 2017
46 kali

Sebanyak 12 pelajar di Kabupaten Tasikmalaya mengalami gangguan medis. Mereka harus dirawat secara intensif karena menjadi korban penyalahgunaan narkoba jenis PCC. Agar kasus ini tidak terulang kembali,Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum mengemukakan akan pentingnya pendidikan karakter bagi siswa sekolah. 

Pendidikan karakter bagi siswa memang sangat perlu. Karena dengan adanya pendidikan karakter, maka karakter siswa pun akan terbentuk. Sehingga siswa tidak hanya akan cerdas secara kognitif, namun juga cerdas secara emosi dan spiritual. Untuk mencapai kecerdasan emosi dan spiritual yang baik, maka penguatan karakter melalui pelajaran agama perlu ditingkatkan. 

Pembelajaran agama perlu mengutamakan materi yang berhubungan dengan pembangunan karakter bagi siswa daripada sebatas teori agama, namun lebih mengutamakan hal-hal yang bisa menguatkan dan mengembangkan karakter anak, misalnya dalam hal kejujuran, kemurahan hati, kesopanan, dan lainnya. 

Siswa dengan karakter yang baik, akan cenderung nyaman bergaul dengan siswa yang memiliki karakter yang baik pula. Namun sebaliknya, bila siswa memiliki karakter yang kurang baik, atau lemah dalam karakter-karakter yang baik, maka ia akan lebih mudah terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik.

Siswa banyak yang kurang paham akan pentingnya pendidikan karakter. Beberapa siswa akan merasa kurang tertarik akan keberadaan pendidikan karakter. Salah satu penyebabnya adalah karena pendidikan karakter adalah pelajaran yang tidak terlalu penting, dan bahkan tidak masuk nilai raport. Siswa akan lebih menyukai materi pelajaran yang nilainya masuk ke dalam raport. Pemerintah perlu berusaha mencari cara agar bila benar pendidikan karakter mulai diterapkan dalam pendidikan di Indonesia, pemerintah perlu berusaha agar siswa benar-benar suka dan bisa menganggap pendidikan karakter sebagai mata pelajaran yang penting dan perlu untuk dipelajari.

Agar karakter siswa bisa terbentuk secara maksimal, keteladanan guru juga sangat perlu diperhatikan.  Guru yang baik akan selalu menampakkan karakter yang baik. Setiap perilaku dan tutur kata yang nampak dari seorang guru akan dengan mudah ditiru oleh murid, karena guru (terutama guru kelas) memiliki banyak kesempatan dan waktu untuk bertatap muka dan berkomunikasi dengan siswa. 

Sebagai sosok yang digugu dan ditiru, sosok seorang guru sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Pendidikan karakter sangat identik dengan pengajaran tentang ajaran-ajaran yang baik. Maka akan lebih baik pula bila guru perlu disiapkan secara materi maupun karakter. Perlu adanya pelatihan tentang pendidikan karakter yang bertujuan membangun karakter guru dan memberikan teori tentang pendidikan karakter serta cara mengajarkannya. Sehingga bila memang pendidikan karakter perlu diajarkan kepada siswa, siswa akan merasa bahwa sosok yang mengajarkannya pun adalah sosok yang pantas diteladani. Siswa juga tidak akan merasa bosan dengan pembelajaran yang diberikan, karena guru sudah memahami cara mengajarkan karakter dengan baik dan materi yang diajarkan pun sesuai dengan kebutuhan siswa.

Sebagai pendidik, marilah kita bersama-sama membangun karakter siswa baik dalam perkataan dan perbuatan, baik dengan pengajaran maupun dengan teladan. Sehingga siswa akan memiliki sosok yang diidolakan untuk bisa dijadikan panutan. Semoga dengan pendidikan karakter yang kita berikan, siswa akan semakin tumbuh menjadi pribadi yang baik, sehingga mampu memilih pergaulan yang baik. Karena pergaulan yang baik akan membawa siswa menjadi pribadi yang baik dan bisa mudah menghindari pengaruh negatif, termasuk dalam hal penyalahgunaan narkoba.

sumber gambar: https://shationix106.files.wordpress.com/2010/08/salaman.jpg