Ruang Belajar
Ea0007abc82a9026

Mari Ajarkan Berwirausaha Secara Online Kepada Siswa

13 Oktober 2017
27 kali

Presiden Jokowi mengungkapkan, "Kita harus ajarkan anak-anak untuk inovatif dan kreatif. Ketika suatu teknologi muncul maka dia akan menghancurkan banyak mata pencaharian. Namun, di sisi lain, teknologi juga menciptakan lapangan kerja baru. Pertanyaannya apakah anak-anak kita siap menerima perubahan?" Itulah salah satu alasan, mengapa Presiden Jokowi menginginkan pembelajaran tentang toko online perlu diajarkan di sekolah.

Di era modern seperti saat ini, teknologi sangat membantu masyarakat dalam hal berniaga atau berdagang. Di satu sisi, akan banyak profesi yang akan hilang, namun di sisi lain akan bertumbuhnya profesi-profesi baru yang melibatkan penggunaan teknologi. Salah satu contohnya adalah dalam hal jual-beli. Pada zaman dahulu, saya sempat berpikir bahwa perusahaan Pos Indonesia bakalan terpuruk, karena makin banyaknya orang yang berkomunikasi dengan SMS dan e-mail. Namun ternyata prediksi saya salah. Ternyata perusahaan Pos Indonesia malah makin berjaya seiring dengan semakin banyaknya orang yang memanfaatkan Pos sebagai jasa pengiriman barang, terutama mereka yang gemar melakukan jual beli online.

Pandangan Presiden Jokowi tentang perlunya pembelajaran tentang toko online di sekolah sangatlah tepat, mengingat hampir setiap pelajar di Indonesia kini sudah memiliki perangkat komunikasi yang memungkinkan mereka membagikan apa saja kepada teman, kerabat, bahkan kepada orang-orang yang tidak mereka kenal. Banyak pelajar termotivasi untuk memiliki banyak follower, anggota, teman, melalui akun yang mereka miliki.

Daripada para pelajar Indonesia memanfaatkan akun media sosial mereka untuk hal-hal yang negatif, akan lebih baik bila mereka menggunakan akun media sosial mereka sebagai media membangun bisnis. Semakin banyak teman, follower, subscriber, atau anggota yang mereka miliki, apa pun yang mereka posting atau share, akan semakin banyak yang membaca. Begitu pula bila pala pelajar kita memiliki hobi berniaga. Mereka bisa memulainya dari akun media sosial mereka. Modal yang besar, menggaji pegawai, maupun biaya mengontrak ruko, tentu saja adalah hal yang langka untuk bisa dimiliki oleh pelajar. Namun di zaman sekarang, mereka tidak perlu memikirkan hal itu. Dari dalam kamar pun para pelajar Indonesia bisa berwirausaha.

Semakin cepat memulai usaha, akan semakin baik bagi masa depan para pelajar. Namun agar bisa menjadi pelajar yang sukses dalam berwirausaha secara online membutuhkan bimbingan yang tepat pula. Sekolah bisa menjadi tempat yang tepat bagi anak-anak dalam belajar. Topik tentang “toko online” bisa dimasukkan di pelajaran Ekonomi, khususnya bagi siswa setaraf SMA.  Pembelajaran tentang toko online juga bisa diberikan kepada siswa di kegiatan ekstra kurikuler. Hal-hal penting yang bisa diajarkan di kelas “toko online” tersebut antara lain:

- Cara membuat postingan yang menarik dan banyak diminati orang
- Cara menambah jumlah follower dan subscriber akun media sosial
- Memanfaatkan talenta untuk membuat konten yang menarik
- Cara memilih produk untuk dijual secara online
- Cara membuat kata-kata yang menarik minat pembaca agar mau membeli produk yang dijual

Sebagai pelajar, tentu memiliki tugas utama untuk belajar dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Namun bukan hal yang salah juga, bila mereka memiliki keterampilan dalam pemanfaatan teknologi, terutama sebagai media membangun bisnis. Semakin cepat ketrampilan ini diasah, maka makin baik pula pengaruhnya bagi masa depan anak. Semoga dengan ketrampilan bermedia sosial dan berbisnis online, para pelajar pun makin mampu menghindari pengaruh-pengaruh negatif, misalnya tawuran, penyalahgunaan narkoba, kecanduan game, pornografi dan lainnya.  

Untuk bisa mengajarkan cara berwirausaha online kepada siswa, seorang guru perlu menguasai teknologi, khususnya teknologi informasi. Guru harus semakin tekun dan bersemangat agar bisa menjadi seorang pendidik yang kreatif dan berkualitas.

Sumber gambar: http://www.studentlifeonline.org/wp-content/uploads/2014/08/4-Perks-of-Educational-Technology-K-12-Students-Should-Know.jpg