Ruang Belajar
190b4e7f125c7228

Ciri-ciri Guru Yang Kreatif dan Inspiratif

10 Oktober 2017
290 kali

Kreatifitas adalah salah satu hal yang perlu dimiliki oleh seorang guru. Kreatifitas bisa membuat guru bisa menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih menarik. Seorang guru yang kreatif akan banyak melakukan variasi dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga perserta didik pun tidak akan merasa bosan setiap mengikuti pengajaran yang diberikan.

Kreatifitas bisa jadi adalah suatu bakat bawaan,  namun bisa jadi adalah hasil dari sebuah usaha. Agar semakin bisa menjadi guru yang kreatif, maka seorang guru perlu menjadi seorang guru pembelajar. Seorang guru pembelajar akan selalu berusaha menemukan atau menguasai sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu akan meningkatkan kualitasnya yang pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas mengajarnya. Bagaimana cara meningkatkan kualitas seorang guru?

1.    Selalu berpikiran positif

Seorang guru kreatif akan mampu belajar dari setiap pengalaman hidup. Baik atau buruk suatu pengalaman hidup yang ia alami, ia akan mampu mengambil sisi positifnya. Walaupun terkadang ia mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kompetensinya, ia akan tetap mensyukurinya, karena ia akan memiliki suatu pengalaman yang baru dengan melakukannya sepenuh hati.

2.    Bersemangat dalam melakukan pekerjaannya sesulit apa pun

Semangat dan sikap optimis adalah karakter yang perlu dimiliki oleh seorang guru kreatif. Karena dengan karakter ini, ia akan menjadi orang yang berpengaruh bagi peserta didiknya. Semangatnya dalam mengajar akan membuat siswa menjadi lebih mampu berekspresi, sehingga kreatifitas siswa pun akan ikut berkembang. Guru juga perlu paham faktor-faktor yang menentukan siswa bersemangat belajar di dalam kelas. Silakan baca, "Faktor-faktor Penentu Semangat Belajar Murid".

3.    Merancang alat peraga secara mandiri

Guru kreatif mampu memanfaatkan apa pun sebagai media mengajar. Kertas bekas, botol bekas, atau pun koran bekas, bisa diubah menjadi sebuah media peraga pengajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Ia akan berusaha membuat alat peraga semurah-murahnya, untuk membuat alat peraga sebaik-baiknya.

4.       Mengajar dengan cara menyenangkan

Ia begitu menikmati pekerjaannya sebagai pendidik. Aktivitas mengajar akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi siswa, maka siswa pun akan menikmatinya, dan kegiatan belajar bukanlah suatu beban bagi siswa.

5.    Variasi metode pengajaran

Dia akan memanfaatkan segala talentanya untuk bisa digunakan dalam mengajar siswa. Bila ia pandai mendongeng, maka ia akan melakukan kegiatan mendongeng untuk mengajar anak-anak didiknya atau pun dipakai sebagai kegiatan “ice breaking” untuk menyemangati anak-anak didiknya. Ia akan mempelajari ketrampilan yang baru, agar bisa mengajar dengan metode yang baru. Dia juga semangat mempelajari teknologi baru, karena menyadari akan kebutuhan anak-anak didiknya yang lebih tertarik diajar dengan media teknologi yang terbaru, misalnya memanfaatkan Ms. Powerpoint, video dari youtube, dan lainnya.

6.    Seorang mediator yang baik bila terjadi konflik

Selain cakap dalam mengajar, guru yang kreatif adalah seorang mediator dan konselor yang baik. Ia kaya akan ide-ode cemerlang, tidak hanya dalam hal mengajar siswa, namun juga ide bijak dalam memberikan jalan keluar bila terjadi konflik di tempat kerja. Bagaimana cara mengelola konflik di dalam kelas supaya bisa membuahkan hal yang positif? Baca artikel "Tips Mengelola Konflik di Dalam Kelas".

7.    Penyusun strategi yang baik

Karena ia unggul dalam menciptakan ide, maka ia juga cakap dalam menyusun strategi. Guru yang kreatif biasanya juga akan sering “dimanfaatkan” oleh atasannya, terutama untuk bisa memberikan masukan demi perkembangan sekolah dan kebaikan peserta didik.

8.    Tekun mengembangkan kecerdasan spiritual

Tidak ada kekuatan yang lebih besar selain dari kekuatan yang datang dari Tuhan. Manusia hanyalah alat. Guru yang kreatif adalah guru yang gemar mencipta. Ciptaan bisa berupa ide maupun dalam rupa karya. Semakin ia dekat dengan Sang Pencipta, ia akan semakin kaya akan ide cemerlang dan karya yang hebat.