Ruang Belajar
59952825134fea43

Cara Praktis Mengembangkan Kompetensi Guru

16 Oktober 2017
323 kali

Guru adalah profesi yang menciptakan aneka profesi. Guru bertugas mendidik peserta didiknya agar menjadi anak yang cerdas, sehingga ia akan mampu mencapai cita-citanya, di mana cita-cita dan profesi adalah dua hal yang tidak jauh bedanya. Oleh karena itu, profesionalitas seorang guru perlu dijaga dan bahkan perlu ditingkatkan. Dengan mutu pengajaran yang baik, maka seorang guru akan mampu memberikan materi pembelajaran yang baik dan ketrampilan mengajar yang baik, sehingga peserta didiknya pun akan semakin tumbuh menjadi siswa yang cerdas dan berprestasi. Ada 4 kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang guru agar ia menjadi seorang guru yang profesional. 4 kompetensi tersebut antara lain kompetensi pendagogik, kepribadian, kepribadian, dan sosial. 

1. Kompetensi Pendagogik

Kompetensi ini berhubungan dengan kemampuan pendidik dalam mengenal karakterisitik dan kemampuan siswa. Prinsip-prinsip pembelajaran, teori tentang cara mengajar, ketrampilan dalam mengembangkan kurikulum, serta kemampuan dalam mengevaluasi pembelajaran adalah hal yang perlu dikuasai oleh guru. Kompetensi ini bisa didapatkan dengan cara mengikuti pelatihan, mengikuti seminar, atau menempuh pendidikan yang lebih tinggi, misalnya menempuh tingkat pendidikan strata dua.

2. Kompetensi Personaliti / Kepribadian

Kemampuan dalam membawa diri, bijaksana dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan membuat keputusan, menjaga wibawa, sikap arif, berbicara dan berperilaku yang sopan adalah hal-hal yang berhubungan dengan kompetensi kepribadian. Biasanya, semakin lama guru mengajar, kompetensi ini akan secara otomatis terbentuk dalam diri seorang guru. Karena menjadi teladan yang baik bagi siswanya sudah menjadi tuntutan utama bagi seorang guru. Kompetensi ini juga bisa ditingkatkan dengan cara tekun mengadakan evaluasi. Evaluasi bisa dilakukan dengan cara berintrospeksi diri atau mengeveluasi diri sendiri atau bisa juga dengan cara meminta rekan untuk mengevaluasi dirinya. Guru yang berkepribadian baik dan menarik pasti akan dekat dengan peserta didiknya, silakan baca "Tips Menjadi Guru Yang Bersahabat dan Dekat Di Hati Siswa".

3. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial berhubungan dengan kemampuan guru dalam melakukan interaksi dan kooperasi dengan siswa, rekan guru, orang tua / wali siswa, dan masyarakat sekitar. Kompetensi sosial seorang guru bisa dilakukan dengan cara aktif dalam kegiatan sosial, aktif dalam komunitas-komunitas, dan meningkatkan hubungan reaksi dengan banyak orang. Di zaman modern seperti sekarang ini, interaksi sosial bisa dilakukan dengan media sosial. Media sosial bisa digunakan sebagai salah satu cara mengenal banyak orang, terutama insan-insan yang peduli dengan dunia pendidikan. 

4. Kompetensi Profesional

Guru yang pembelajar. Itulah salah satu karakter guru yang banyak didengungkan saat ini. Agar kompetensi profesional seorang guru semakin baik, ia harus banyak belajar dengan berbagai cara, misalnya dengan cara membaca buku, melakukan penelitian ilmiah, maupun mendapatkan banyak informasi serta pengetahuan terbaru melalui media internet. Dalam hal ini seorang guru perlu tekun belajar dan mengikuti perkembangan ilmu serta teknologi yang berkembang sangat cepat. Salah satu topik menarik yang bisa diajarkan kepada siswa adalah dengan mengajarkan cara berwirausaha secara online. Pasti akan sangat bermanfaat bagi anak didik.

Walaupun seorang guru harus menjadi teladan, bukan berarti bahwa kita cukup berpuas diri dengan keadaan kita yang sekarang. Kita harus terus belajar dari setiap kelemahan kita, kesalahan yang pernah kita lakukan, atau pun dari segala permasalahan yang pernah kita alami. Sehingga kita semakin menjadi guru yang profesional, terutama dalam mentransfer segala kualitas dan kemampuan yang ada di dalam diri kita. Semakin berkualitas kita, semakin kita mampu membentuk anak-anak didik kita menjadi siswa yang berkualitas. 

sumber gambar: belajarriangriang.blogspot.com