Ruang Belajar
52c88c57751b911b

Aneka Aktivitas Menarik Untuk Mengajar PAUD (Guru Wajib Baca!)

10 Juli 2017
1361 kali

Sebagai pendidik yang kreatif, tentu kita akan selalu ingin memberikan yang terbaik kepada anak-anak didik kita, agar anak-anak didik merasa terkesan dengan pembelajaran yang akan kita berikan. Agar suasana kelas menjadi menarik dan mengesankan, tentu saja seorang pendidik perlu mengetahui beberapa variasi aktivitas kreatif, sehingga anak-anak didik tidak cepat merasa bosan dan pembelajaran tidak terkesan monoton. Melalui artikel ini, Educa Guru akan memberikan beberapa aktivitas menarik dan bisa menjadi pilihan kita sebagai pendidik.

  1. Games
    Agar anak-anak tidak bosan belajar di kelas, sesekali kita perlu membawa mereka ke luar kelas dan melakukan permainan di luar ruangan. Dengan malakukan aktivitas game di luar kelas ini, maka anak-anaka didik akan semakin bersemangat, karena mereka bisa mendapatkan ilmu dan merasa senang bisa belajar sambil bermain. Contoh permainan bertema alam adalah dengan melakukan permainan memasukkan bola ke dalam keranjang. Bila seorang siswa berhasil memasukkan bola ke dalam ke ranjang, maka ia akan mendapatkan 1 poin. Lalu ia akan mendapatkan pertanyaan yang berhubungan dengan tema alam. Bila ia bisa menjawabnya maka akan mendapatkan 1 poin tambahan.
  2. Membuat kreasi
    Ada banyak kreasi bertema alam yang bisa kita pilih. Kreasi bertema alam bisa berupa kreasi membuat sesuatu dengan tema alam, misalnya menggambar hewan, mewarnai pemandangan alam, dan lainnya. Kita bisa juga meminta anak didik membuat kreasi dengan bahan dasar alam, misalnya kolase dari bahan dedaunan, aneka tanah, dan lainnya. Kreasi-kreasi bisa diajarkan sesuai dengan tema pembelajaran PAUD. 
  3. Lembar kerja
    Lembar kerja yang baik haruslah sederhana namun menarik. Melalui sebuah lembar kerja, anak-anak didik akan belajar banyak hal sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Tingkat kemampuan anak tentu berbeda, sesuai dengan perkembangan usia mereka. Misalnya anak-anak didik yang masih duduk di bangku TK A, akan mewarnai gambar gajah, karena gambar gajah sangat sederhana. Sedangkan anak-anak yang duduk di bangku TK B, akan mewarnai gambar ular yang memiliki motif kulit, sehingga terasa lebih sulit.
  4. Cerdas cermat
    Aktivitas cerdas cermat akan membuat anak didik memiliki sifat kompetitif. Karena dengan melakukan aktivitas ini anak didik akan terpacu untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dengan memperhatikan resiko yang akan diterima, bila ia salah menjawab pertanyaan. Agar aktivitas ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka pendidik perlu menyampaikan aturan yang berlaku saat melakukan aktivitas ini.
  5. Tanya jawab secara acak
    Aktivitas ini dimulai dengan bercerita atau menjelaskan materi pelajaran. Pada awalnya, anak-anak didik diminta duduk dan mendengarkan. Setelah itu, pendidik memberikan pertanyaan secara acak kepada anak didik. Anak yang bisa menjawab pertanyaan akan mendapatkan reward atau poin. Anak-anak akan terpacu untuk duduk tenang dan berkonsentrasi, serta belajar cepat dan tanggap dalam menjawab pertanyaan saat melakukan aktivitas ini.
  6. Kerja kelompok
    Aktivitas berkelompok juga sangat perlu dalam kegiatan pemebelajaran. Karena dengan melakukan aktivitas berkelompok, keakraban setiap anak pun akan semakin erat terjalin. Anak-anak akan belajar bekerja secara team dan mengikis keegoisan yang ada di dalam pribadi anak.
  7. Bernyanyi
    Sebagai pendidik, kita perlu memiliki koleksi lagu anak yang banyak. Hal ini sangat perlu, karena dengan lagu anak, anak-anak akan semakin bersemangat dan bisa belajar banyak. Bila kita memiliki list koleksi lagu anak yang banyak, maka anak-anak didik pun akan semakin belajar banyak terutama dari lirik lagu yang terdapat dalam lagu anak. Mereka bisa belajar di mana saja, karena setelah diajari lagu baru, anak-anak didik bisa menyanyikan lagu tersebut dimana pun mereka berada.
  8. Menggunakan teknologi canggih
    Karena anak-anak didik sudah terbiasa dengan berbagai perangkat teknologi, sebagai penddik kita perlu bersemangat dalam mencari perangkat tekonologi yang bisa kita gunakan sebagai media mengajar maupun sumber belajar, misanya mendownloa sofware “Marbel Membaca”, bila anak-anak rindu untuk belajar membaca dengan dengan cara menyenangkan

 

Bagaimana dengan Anda,? Sudahkah Anda menemukan cara lain agar suasana kelas menjadi cair dan menyenangkan?

Baca juga: "Aneka Aktivitas Menarik Untuk Mengajar PAUD (Guru Wajib Baca!)"