Opini Guru
0523459e3884b20e

Pendidikan Inspiratif

13 November 2017
134 kali

Dewasa ini pendidikan perlu dimaknai menjadi upaya untuk menginspirasi, memotivasi, dan membangkitkan kegairahan belajar, selain meningkatkan kecerdasan intelektual. Oleh sebab itu peserta didik harus diyakinkan bahwa mereka mempunyai kemampuan dan potensi yang sama, untuk membangun rasa percaya diri mereka.

Seorang ilmuan Jepang mengatakan: "Guru memerlukan kemampuan mendidik yang menekankan pendekatan dari hati ke hati," Hal ini dapat diartikan bahwa seorang pendidik yang inspiratif harus mampu menyentuh hati peserta didiknya. Menyentuh hati melalui perkataan, perbuatan, dan contoh-contoh kebaikan. Pendidikan yang inspiratif tidak dapat dilakukan melalui proses pembelajaran, melainkan melalui sikap dan perbuatan guru itu sendiri.

Dewasa ini anak memerlukan tokoh panutan bagi mereka. Figur tokoh yang menuntun mereka, figur tokoh yang disetiap tindak tanduknya dapat dijadikan contoh bagi anak-anak. Guru haruslah mampu menghadirkan tokoh inspiratif di kelas melalui dalam diri guru itu sendiri.

Hal ini sejalan dengan ruh dari pendidikan karakter yang menanamkan bagaimana sebuah pembelajaran menjadi lebih bermakna. Sebuah pembelajaran yang memiliki aksiologi jelas selain untuk membuat peserta didik menjadi tau dan mengerti materi, namun juga memberikan bekal bagi peserta didik untuk menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga kehidupannya menjadi lebih baik dengan pengetahuan yang mereka miliki.

Pendidikan karakter yang utuh dan menyeluruh tidak sekedar membentuk anak-anak menjadi pribadi yang cerdas dan baik, melainkan juga membentuk mereka menjadi pelaku baik bagi perubahan dalam hidupnya sendiri, yang pada gilirannya akan memberikan perubahan dalam tatanan sosial kemasyarakatan menjadi lebih adil, baik, dan manusiawi.

Jadi, jelaslah bahwa pendidikan harus dapat mengispirasi peserta didiknya untuk dapat mengembangkan diri, merubah hidupnya, dan memberikan sumbangsih bagi bangsa, negara dan agama. Sehingga menjadikan ia manusia seutuhnya seperti amanah pancasila bagi pendidikan di Indonesia. Mari kita menjadi pendidik bagi generasi muda bangsa, menjadi inspirasi buat mereka agar bergerak lebih maju untuk bersumbangsih lebih banyak bagi bangsa.