Opini Guru
798d61e29babd921

Memajukan Negeri Dimulai dari Membaca Buku Sejak Dini

08 Desember 2017
50 kali

Pernahkan teman-teman membayangkan betapa pentingnya membaca satu buah buku? Jika melihat survei yang dilakukan oleh UNESCO, ternyata hanyalah 0,001 persen saja yang sering membaca buku di Indonesia. Kalau dihitung-hitung perbandingannya ialah 1 berbanding 1000. Wah, angka yang begitu kecil ya!

Melihat dari situasi ini, ternyata sudah banyak para pelopor gemar membaca yang menjadi gerah dan ingin menanamkan budaya membaca di Indonesia. Namun lagi-lagi, hal ini selalu terhenti karena minimnya minat remaja indonesia untuk membaca. Selain lebih senang menghabiskan waktu bercengkrama dengan teman karibnya, mereka pun juga lebih gemar menghabiskan waktu berjam-jam bersama smartphone-nya dibandingkan membaca satu hingga dua buah buku setiap minggunya.

Maka untuk menghilangkan stigma yang telah lama terjadi, dengan menyediakan ruang diskusi, ruang makan hingga ruang terbuka yang nyaman dalam satu lingkup ruang baca adalah salah satu cara mengenalkan lingkungan budaya membaca yang baik di Indoensia. Melihat dari semua wishlist para remaja di Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya pun mewujudkan keinginan tersebut, dengan menyediakan lahan edukasi terpadu dengan memadukan keseluruhan insight dari seluruh mahasiswanya.

Dengan menyediakan fasilitas terbaik seperti koleksi buku lebih dari 45.000 buah, tentu dapat menjadikan suasana nyaman dan kondusif yang jauh dari nuansa membosankan. Tidak berhenti di situ, Universitas Prasetiya Mulya juga memberlakukan sistem OPAC (Online Public Access Catalog) bernama PMBS online library yang dapat diakses melalui smartphone mahasiswanya untuk memudahkan mereka dalam melihat ketersediaan buku secara cepat dan mudah karena terintegrasi sistem online.

Selain itu, bisa akses juga koleksi e-library buku-buku dan bisa menghemat karena harganya jauh lebih murah dari beli versi cetak. Perpustakaan yang nyaman adalah yang bikin mahasiswa betah berlama-lama di dalamnya. Tenang buat baca, belajar atau mengerjakan tugas tapi bisa juga pake fasilitas ruang-ruang diskusinya. Ambience kolam ikan sekeliling dengan tanaman-tanaman segar tentu akan membuat mood  belajar jadi lebih baik lagi.

Sekolah atau kampus yang bagus tentu akan sangat memperhatikan fasilitas perpustakaan, koleksi buku cetak dan e-book yang lengkap serta memberikan kenyamanan maksimal bagi pengunjungnya.

Lalu siapkah Anda menjadi pionir yang menggerakkan minat membaca di Indonesia? Jika iya, yuk segerakan diri Anda melangkah kaki ke arah yang lebih maju dengan membaca buku setiap hari!