Opini Guru
B779294bb650d59d

Berawal Dari Guru, Multi Talented Person Hingga Job Provider

12 November 2017
220 kali

GURU

Sebuah kata yang terdiri dari empat huruf yang sangat sederhana namun bermakna. Guru adalah sosok manusia yang memiliki jasa yang sangat besar terhadap setiap manusia. Guru adalah seorang pendidik insan yang mulia dan berjasa. Kemuliaan seorang datang karena ia merupakan sosok yang berperan penting dalam membawa masa depan seorang anak didiknya.

Jadi, tidak berlebihan jika Sidharta dalam opininya menyebut guru seperti cahaya kehidupan karena tugas seorang mencoba menerangi kegelapan yang ada dengan memerangi kebodohan dan tingkah lakunya akan menjadi panutan bagi semua orang karena guru itu digugu dan ditiru. inilah menjadi nilai lebih profesi ini dibandingkan dengan profesi lainya.

Peribahasa mengatakan,"Pendidikan bukanlah segalanya, namun segala - galanya berawal dari pendidikan". Di dalam sistem pendidikan yang begitu kompleks, seorang guru menempati posisi yang sangat crucial karena kualitas seorang adalah bagaimana guru mengabdi dan bagaimana guru mencintai profesinya. Ketika guru mencintai profesinya maka pengabdiannya akan seluruhnya didedikasikan untuk memberikan yang terbaik untuk peserta didiknya.  

Profesi guru apalagi jika hanya seorang guru non – PNS tidak dipungkiri jika tidak menjanjikan penghasilan yang memadai di tengah tumpukan pekerjaan dan adakala tekanan dari arah mana pun agar siswa dapat memperoleh nilai baik dan berbudi pekerti luhur. Hal ini dapat menjadi pemicu seseorang untuk menjauhi profesi ini dan cenderung takut untuk menekuni.

Namun, bagi siapa pun yang tetap konsisten untuk menekuninya dan terus belajar untuk mengasah kemampuan dan kapabilitas sehingga akan menjadi seorang guru yang profesional dan bahkan mampu menjalani profesi lainnya tanpa harus meninggalkan profesi utama sebagai guru.

Seorang guru yang selalu meningkatkan kompetensinya dan selalu memanfaatkan setiap peluang yang dimilikinya untuk terus berkarya dan berinovasi, ia tidak hanya dikenal sebagai Guru biasa tetapi seseorang yang multi talenta. Ia akan mampu membawa kemajuan bagi dirinya sendiri khususnya bahkan untuk orang lain. Beberapa hal berikut adalah peluang yang bisa diraih bagi guru antara lain :

  1. Menjadi MC ( Master of Ceremony), Narasumber, atau Pemateri
    Kemampuan public speaking seorang guru yang sudah terlatih tampil di depan kelas akan memberikannya peluang untuk bisa menjadi pemandu acara suatu event bahkan Narasumber atau Pemateri inti dari event tersebut, tentunya peluang ini akan membuat seorang guru bisa menambah penghasilannya tanpa harus meninggalkan tugas utamanya.
  2. Menjadi Pendongeng
    Bercerita adalah salah satu metode pembelajaran yang kerap diterapkan oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar dan hal ini dapat menjadi peluang bagi seorang guru untuk menjadi seorang pendongeng.
  3. Menjadi Event Organizer
    Guru adalah the best conceptor dalam hal pembelajaran dan manajemen kelas hingga manajemen sekolah. Pengalamannya dalam pengelolaan akan mampu menghantarkan untuk menjadi seorang pengelola kegiatan – kegiatan seperti lomba – lomba, acara pentas seni, dan lain sebagainya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Guru itu adalah seorang  job provider. Seorang guru mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri yang dapat merekrut orang lain seseorang yang berwiraswasta di bidang pendidikan baik berupa jasa, teknologi, dan program pendidikan. Sehingga ia mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Beberapa contoh bahwa guru adalah seorang job provider, sebagai berikut:

  1. Kursus Bahasa Inggris
    Saat ini kemampuan Bahasa asing terutama Bahasa Inggris menjadi salah satu keterampilan yang wajib dimilki untuk melamar pekerjaan minimal menguasai bahasa pasif. Jika kita adalah seorang lulusan dari fakultas Bahasa Inggris maka kita bisa membuka kursus Bahasa Inggris dan merekrut sahabat atau kenalan kita untuk berpartisipasi sebagai instrukrtur atau tutor
  2. Bimbingan Belajar Privat
    Bimbingan Belajar Privat atau lebih akrab dikenal dengan Les Privat emenjadi bisnis di bidang pendidikan yang membutuhkan modal relatif kecil namun menjanjikan penghasilan relatif besar. Modal dasar pengetahuan, waktu, dan kendaraan. Kesibukan pekerjaan orang tua menyebabkan mereka tidak punya banyak waktu untuk sekedar mengantarkan anak mereka ke lembaga bimbingan belajar. Di sini lah kita berperan dengan memberikan fasilitas layanan bimbingan belajar privat ke rumah siswa.
  3. Kursus Komputer
    Selain mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, kemampuan dan keterampilan dalam mnegoperasikan komputer juga menjada salah satu syarat wajib untuk melamar pekerjaan di  suatu instansi atau pun lembaga tertentu. Jika kita mampu dan menguasai ilmu komputer kita bisa mendirikan kursus komputer dan tentunya kita dapat merekrut teman, kenalan, dan sahabat kita untuk berpartisipasi bersama kita.
  4. Bisnis Stationary, Buku, Seragam Sekolah, Dll
    Selain bergerak di bidang jasa dan program pendidikan, kita juga bisa melebarkan sayap bisnis kita dengan menjual beberapa produk seperti alat tulis, buku – buku, seragam sekolah, tropy, dan lainnya karena barang – barang ini juga merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang tidak hanya pelajar tetapi juga bagi masyarakat umum.

GURU

Berawal hanya mendedikasikan diri menjadi Guru yang terus semangat berkarya dan berinovasi pembelajaran dan terus belajar untuk menggali potensi dan bakat dalam diri sehingga mampu menjadi sosok yang multi talenta hingga menghantarkan menajdi seseorang yang memberi rmanfaat bagi orang lain.