Kreasi Guru
2e7a118f3700a73c

Tawa Canda Mereka Adalah Kemerdekaan Yang Nyata

06 Agustus 2017
208 kali

Ketika Bpk Soekarno-Hatta mendeklamasikan kemerdekan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945, Proklamasi kai bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia hal hal yang mengenai pemindahan kekoesaan dan lain lain diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo yang sesingkat singkatnja Djakarta hari 17 boelan 8 tahun 05 atas nama bangsa Indonesia Soekarno-Hatta.

Inilah peristiwa MAHA penting dalam sejarah Indonesia dan saat itu pula kita sebagai bangsa terbebas dari penjajah dan dinyatakan MERDEKA, Pristiwa ini akan selalu diceritakan turun menurun kepada anak cucu kita, termasuk pada anak didik kita.Saya sebagi guru selalu berusaha membagikan kebanggaan saya terhadap Indonesia, tujuannya agar mereka lebih dapat mencintai dengan cara menjaga tanah air Indonesia , bagaimana caranya dan seperti apa?

1. Memupuk anak sedari kecil untuk selalu membiasakan membuang sampah pada tempatnya, langkah penting ini sangat berpengaruh besar pada Indonesia tentunya, SDA pun terjaga.

2. Indonesia sangat beranekaragam suku, adat ,bahasa, dan keyakinan, termasuk teman sekolahmu. Ajarkan mereka untuk dapat menghargai perbedaan teman-temannya, pada saat itu kita patut menjadi jembatan diantara anak-anak kita, bahwa perbedaan itu indah lo

3. Nah selain itu pemberian materi pembelajaran, disekolah kami selain mengajarkan kegiatan per tema, kami juga memiliki program unggulan yaitu tema CULTURE, dimana anak akan mengenal macam-macam kebudayaan Indonesia, misalnya kebudayaan suku dayak KALIMANTAN, di tema ini anak akan dikenalkan kebudayaan dayak seperti bahasa, makanan, baju adat, alat musik, senjata dan kebudayaan lainnya, dapat kita tampilkan menggunakan power point agar lebih menarik ,anak anak pun akan fokus dan lebih cepat mengingat tentang apa yang telah kita bahas bersama.

Untuk menambah seru lagi kita juga bisa melakukan kegiatan bersama yang melibatkan anak didik kita seperti membuat topi khas dayak, media yang digunakan karton hitam yang digunting memanjang, lalu tempel potongan motif dayak seperti gambar wallpaper diatas kita bisa ajak anak untuk bermain pola ketika menempel potongan motif dayak dengan warna misalnya merah kuning merah kuning dan selanjutnya. ataupun kita juga bisa melakukan kegiatan SAINS EKSPERIMEN dengan menyediakan makanan khas kalimantan misalnya soto banjar, dan soto ini akan dicicipi oleh anak-anak. Pasti anak akan sangat antusias melakukan kegiatan tersebut.

Kegiatan kegiatan ini sangat bernilai besar tentang Indonesia yang beranekaragam budaya, disini juga pula akan menumbuhkan rasa menghargai tentag perbedaan yang kaya, bahwa ini milik Indonesiayang harus dipelihara dan di jaga.

Nah... di sekolah kita pun sama kita tak mau kalah beberapa hari lagi kita akan mengadakan lomba 17 agustusan sebagai bentuk kemeriahan kita dalam menyambut kemerdekaan Indonesia, sama seperti umumnya ada lomba karung, memasukan pinsil ke dalam botol dan menyusun puzzle. Dan lihat apa yang terjadi wajah ceria anak anak kami terlukis jelas menghiasi kemerdekaan RI. Canda tawa mereka dan keberhasilan nanti dimasa depan adalah KEMERDEKAAN yang NYATA bagi kita semua