Kreasi Guru
24a768d508296cee

Guru Harus Melek IT

06 Oktober 2017
82 kali

Zaman semakin berubah. Sudah zamannya teknologi berbicara. Sekarang mungkin sangat sulit menemukan "kapur" atau dalam bahasa kerennya chalk. Hampir diseluruh negeri ini sudah menggunakan whiteboard. 

Sebagai tenaga pendidik sudah seharusnya mengikuti arus zaman yang sedang mengalir seperti air yang tidak bisa kita hindari dan pungkiri. Banyak orang bilang di zaman yang serba instan ini diharapkan untuk tidak gaptek . Dari yang anak - anak, dewasa sampai yang tua berlomba lomba untuk tidak gaptek. Begitu juga dengan tenaga pendidik, diharapkan untuk melek dalam penggunaan IT sebagai penunjang pembelajaran yang menarik. 

Siapa bilang di TK sulit menggunakan IT sebagai penunjang pembelajaran, justru dengan menggunakan teknologi yang ada anak semakin tertarik dalam belajar. Tidak ada yang tidak mudah kalau belum di coba.  

Dengan IT kita bisa mencari gambar untuk bahan pengamatan anak, bisa mencari video yang sesuai dengan tema yang diajarkan. IT juga membantu menyiapkan media yang menarik, seperti Powerpoint, kita bisa menggunakannya sebagai media bermain, tebak suara, tebak gambar. 

Sekolah merupakan tempat anak belajar dan juga bermain. Namun sekolah hanya mempunyai waktu sedikit untuk berjumpa dengan anak.  Keluarga lah tempat belajar dan bermain yang utama. Oleh karena itu, sebagai suatu tempat yang berkaitan hendaknya memiliki hubungan komunikasi yang baik. Dan kita sudah disediakannya, Whatsapp grup wali kelas dan orang tua atau juga BBM dan media sosial lainnya. Hanya saja sebagai pendidik kita perlu mewaspadai mana saja yang perlu dibicarakan dan mana yang tidak perlu untuk menjaga keharmonisan penggunaan IT. Sebagai pendidik juga perlu berhati hati dalam update status di medsos karena bisa menjatuhkan image seorang guru. Jadilah pengguna medsos yang bijak.  

Teknologi yang semakin canggih ini bisa kita manfaatkan sebagai ajang promosi sekolah. Memperkenalkan sekolah di kancah lokal, provinsi, nasional maupun internasional. Kita bisa upload kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di WEB, FB, dan Instagram.  

Mari sebagai tenaga pendidik kita menjadi guru yang melek IT. Terutama guru PAUD.  

Cek WEB TK Santo Yosef: tk-yosef-lht.tarakanita.or.id

FB TK Santo Yosef: tk santo yosef lahat